Pembentukan pribadi seorang anak sejatinya dimulai saat anak masih berupa janin dalam rahim ibunya. Apapun yang terjadi diluar yang dilakukan oleh ayah maupun ibunya akan dapat mempengaruhi si janin di rahim. Baik mempengaruhi untuk kebaikan maupun sebaliknya.

Berikut adalah 5 kebaikan yang bisa dilakukan oleh ayah dan ibu pada anaknya sejak masih berupa janin dalam kandungan ibunya. Setiap kebaikan yang diberikan ini InsyaAllah akan ikut membentuk si anak menjadi pribadi yang lebih baik nantinya.

1.  Memastikan setiap makanan yang diberikan melalui istri adalah makanan yang halal 

Kebaikan yang pertama bahkan ini bisa juga disebut sebagai kewajiban adalah memastikan setiap makanan yang diberikan pada anak melalui istri adalah makanan yang halal. Halal zatnya dan tentu juga halal cara memperolehnya.

Rasulullah SAW bersabda :

“Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknya.” (HR At Tirmidzi).

Saat kita memberikan asupan berupa makanan yang haram maupun subhat pada anak maka secara tidak lansung kita memberikan keburukan pada anak.

2. Mendo’akan  semoga menjadi anak yang shaleh atau shaleha

Saat anak dalam kandungan juga saat yang tepat untuk mendo’akan menjadi anak yang shaleh atau shaleha. Ayah atau sang ibu bisa mendo’akan anak saat setiap selesai shalat ataupun di waktu do’a diijabah.

3. Membacakan ayat suci Al-qur’an untuk anak yang akan dilahirkan

Saat anak dalam kandungan anak sudah bisa mendengar semenjak janin berusia 4 minggu. Dan tentu dengan mendengarkan ayat-ayat suci Al-quran pada anak memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa manfaat menperdengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an pada anak diantaranya adalah jadi amal kebaikan, menjadikan anak akrab dengan Al-qur’an, meningkatkan kecerdasan emosional maupun intelektual serta banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

4. Membacakan zikir untuk keselamatan bayi yang akan dilahirkan

Rasulullah SAW memberi petunjuk pada Asma’ binti Umais dengan bersabda :

“Maukah engkau aku ajari beberapa kata yang bisa kau ucapkan saat dalam kekhawatiran ? Maka ucapkanlah :

Allah Allahu Rabbi Usriku bihi sya’ian

(Allah, Allah Rabbku . Aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun)

Zikir ini cocok dibaca saat mendekati masa kelahiran anak untuk menguatkan hati dan diri sang ibu dan anak.

5. Menjalin hubungan yang harmonis suami istri dan menghindari pertengkaran

Suami istri yang saling bertengkar selama masa kehamilannya memberi pengaruh pada pertumbuhan janin baik itu pertumbuhan fisik maupun perkembangan mentalnya.Maka perlu dipahami oleh setiap pasangan suami istri untuk menjaga harmonisasi dan kerukunan dalam rumah tangga selama masa kehamilan.

Itulah 5 kebaikan yang bisa orang tua lakukan pada saat anak dalam kandunga. Anak adalah masa depan orang tua, tidak hanya untuk dunia namun juga akhirat maka sudah seharusnya setiap orang tua memberikan yang terbaik pada sang anak semenjak ia berada dalam kandungan.

Artikel Sebelumnya :
1. Yakin? Proses Hewan Aqiqah Anda Amanah
2. Adakah Syarat Kelamin Hewan untuk Aqiqah?
Tag :
#aqiqah #layanan #paket #Rumah #darul #Amanah #Sahabat #barokah #catering #katering #dibekasi #Utara #selatan #sesuai syar’i #barat #Timur #tambun #cikarang #setu #bekasi #Lippo Cikarang