“Ketika si anak sudah disapih, maka pembentukan karakternya pun dimulai, akhlaknya dilatih, sebelum ia diserang oleh perangai tercela” (Ibnu Sina) 

Usia anak diatas dua tahun atau tepatnya setelah melewati masa menyusui adalah periode emas anak kita, istilah populernya golden ages. Kesempatan ini hanya sebentar saja, setelah itu ia akan berlalu. Pada usia ini anak sudah mulai mengerti apa yang disampaikan dan dilakukan oleh orang tuanya. Tidak hanya itu anak juga sudah bisa meniru setiap perilaku dari orang tuanya.

Namun perlu lagi diperhatikan pada usia ini anak belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dia akan meniru apa yang dilihat dan didengarnya. Disinilah orang tua perlu berhati-hati terhadap apa yang dilihat dan didengarnya, karena setiap yang dilihat, didengar serta dilakukannya akan membentuk karakter serta kepribadian anak.

Berikut adalah 6 hal yang perlu dihindari ketika anak sudah disapih. aqiqah di bekasi

1. Hindari anak dari bentakan 

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa bentakan terhadap anak bisa mengakibatkan bahaya pada jaringan otaknya. Yang mana hal ini berdampak pada gangguan emosi anak hingga dia dewasa kelak. Maka bagi setiap orang tua hindarilah membentak anak dan juga melakukan pertengkaran di depan anak.

2. Hindari anak dari tontonan yang merusak 

Dengan dalih sayang pada anak tak sedikit orang tua membebaskan anaknya untuk menikmati berbagai jenis tontonan. Orang tua tidak memperhatikan apakah tontonan tersebut mengandung muatan pornografi, kekerasan serta berbagai muatan tidak baik lainnya. Orang tua perlu tau kalau setiap yang dilihat dan didengar oleh anak berpotensi untuk menjadi kebiasaan dan membentuk karakternya. Jadi bisa dibayangkan karakter seperti apa yang terbentuk jika tontonan yang dilihat jauh dari nilai-nilai kebaikan ?

3. Hindari anak dari kesepian

Hal ini biasanya terjadi jika orang tua si anak sibuk. Ayah bekerja begitu juga dengan ibu sehingga anak harus menerima kondisinya sehari-hari bersama asisten rumah tangga. Diasuh oleh pembantu jelas tidak akan sebahagia saat bersama dengan ibu, disinilah anak akan merasa kesepian. Anak usia 2 tahun sangat membutuhkan keberadaan ibu dan ayahnya disamping, ia membutuhkan belaian tangan penuh cinta,  kecup sayang dan juga ucapan mesra penuh kasih dari orang tuanya.

Saat orang tua berangkat pagi saat anak masih tertidur dan kembali pulang ke rumah saat anak sudah kembali terlelap tentu akan membuat anak sangat kesepian.

4. Hindari anak dari berpakaian yang tidak pantas

“Ah dia kan masih kecil gak apa – apa pakaian seperti itu”

Itulah celukan seorang ibu saat anak perempuannya yang masih berumur 2 tahun memakai pakaian seksi. Benar anak kita masih kecil, dia mungkin juga belum mengerti tentang aurat dan juga rasa malu. Tapi sebagai orang tua kewajiban kitalah mendidik anak kita untuk berpakaian dengan pantas dan menutup aurat sejak usia sedini mungkin. Apakah sejak usia  2 tahun ? Tentu, karena pembentukan kepribadian anak dimulai sejak usia ini.

5. Hindari memanggil anak dengan kata-kata kotor dan kasar

Meskipun alasannya bercanda hindarilah memanggil anak dengan kata-kata atau sebutan kotor. Saat kita terbiasa menyebut kata-kata kotor di dekat anak maka secara tidak lansung kita telah mendidiknya untuk mengucapkan kata-kata kotor. Suatu saat nanti anak pun akan terbiasa memanggil atau berucap kata-kata kotor pada orang lain.

Setiap orang tua tentu berharap anaknya memiliki kepribadian yang berkualitas, dan cara memastikan agar anak kita memiliki pribadi yang berkualitas tentu dengan mendidik dan membesarkannya dengan cara yang berkualitas.

Sumber foto : www.alodokter.com

Artikel Sebelumnya :

1. Menjaga Makanan Saat Hamil
2. 5 Kebaikan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua Pada Anaknya Saat Masih Dalam Kandungan

aqiqah di bekasi

Tag :
#aqiqah #layanan #paket #Rumah #darul #Amanah #Sahabat #barokah #catering #katering #dibekasi #Utara #selatan #sesuai syar’i #barat #Timur #tambun #cikarang #setu #bekasi #Lippo Cikarang

Aqiqah Di Bekasi