Kalau di tulisan sebelumnya kita membahas tanda anak yang tidak dekat dengan orangtuanya, maka pada bagian kita akan mengupas bagaimana membangun kedekatan antara anak dengan orangtua.

Anak yang memiliki kedekatan dengan orangtua akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh percaya diri, kreatif, supel dalam bergaul, cerdas, dan bisa menerima masukan serta nasihat. Anak yang memiliki kedekatan dengan orangtua juga merasakan kalau keberadaan orangtua sangat berarti baginya. Sehingga dia akan merasa rindu saat tidak bersama dengan orangtuanya. Tentu sebagai orangtua anda menginginkan anak anda dekat dengannya. Nah, berikut adalah beberapa tip membangun kedekatan dengan anak.

Mampu mengendalikan emosi dengan baik

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 250 orangtua dan anak di Jakarta menunjukkan bahwa lima dari sepuluh anak berpendapat bahwa orangtua mereka sering marah. Hindari ekspresi emosi negatif ketika anak berprilaku tidak baik. Jangan mudah menghakimi anda, menyalahkan anda, memotong anak saat menjelaskan kenapa dia melakukan kesalahan hal itu, membentak anak bahkan sampai memukul anak.

Lakukan aktivitas bersama

Untuk membangun kedekatan dengan anak anda bisa melakukan aktivitas bersama. Aktivitas bersama yang bisa dilakukan adalah bermain bersama, jalan bersama, makan bersama dan aktivitas bermanfaat lainnya yang disesuaikan dengan kondisi anak.

Buat aturan main keluarga

Buat aturan main keluarga, ini menjadi standar prosedur dalam setiap aktivitas yang dilakukan dalam keluarga. Sebagai contoh shalat di awal waktu, saat berkumpul bersama tidak boleh pegang gadget, makan harus dengan tangan kanan, dan berbagai aturan lainnya sesuai kebutuhan. Sampaikan pada anak jika melanggar aturan akan mendapat hukuman dan berikan apresiasi pada anak saat menjalankan aturan yang diberikan.

Tatap mata anak dengan penuh kasih sayang saat bicara

Tentu anda sering menemukan orangtua yang sedang berbicara dengan anak sembari memegang gadget di tangan. Yang akan membentuk prilaku anak, menanamkan kebiasaan baik serta membangun kedekatan dengan anak bukan hanya nasihat yang kita berikan. Tetapi bagaimana kita memberikan nasihat itu terhadap anak jauh lebih penting. Saat menasihati anak anda hadirkan fisik dan hati anda untuknya. Ini semua tentu akan tampak dari seberapa besar antusiasme anda saat mendengarkan anak anda bicara.

Memberikan cerita untuk anak

Sebuah hasil survei menunjukkan bahwa hanya dua dari sepuluh orangtua berbagi cerita secara rutin dengan anak-anak mereka, padahal aktivitas ini sangat penting untuk membangun kedekatan emosional dengan anak. Anda bisa mulai dengan menceritakan aktivitas pribadi harian anda kepada mereka, lalu minta juga anak menceritakan aktivitasnya untuk anda.

Dengarkan perkataan anak anda dengan seksama dan ulangi perkataannya

Saat anak anda menyampaikan sesuatu atau sedang bercerita dengarkanlah dengan penuh seksama. Setelah dia selesai menyampaikan sesuatu atau bercerita ulangilah beberapa bagian yang telah disampaikannya. Dengan melakukan hal ini, anda telah menunjukkan pada anak kalau anda sudah mendengarkan dan mengerti tentang apa yang disampaikannya.

Berikan nasihat positive penuh kasih sayang

Saat anak melakukan kesalahan atau kekeliruan nasihatilah dia secara baik-baik. Sampaikan padanya nasihat positive dengan penuh kasih sayang. Hindari membentak, mencaci atau mencela anak saat menasihatinya.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi ikhtiar dalam membangun kedekatan dengan anak.

Anda Ingin Meng aqiqahkan Putra Dan Putri Anda?
Hubungi Tenaga Profesional Kami Dapur Aqiqah Di Daerah Bekasi Untuk Mendaptkan Info Harga dan info lainnya di:
Telp. 085780267758, 081296581239
WhatsApp.085780267758 LINE.085780267758