Kesulitan membujuk anak untuk tidur terkadang menjadi masalah tersendiri bagi orangtua. Saat anak sudah mulai mengerti asyiknya bermain, memiliki teman, kecanduan gadget atau menonton televisi maka anak akan sulit untuk diajak tidur. Anak selalu punya 101 alasan untuk menolak ajakan tidur dari orangtuanya. Mungkin bermain jauh lebih asyik daripada tidur. Padahal tidur adalah hal yang penting bagi anak untuk membantu pertumbuhan fisik dan perkembangan kepribadian anak.

AASM (American Academy of Sleep Medicine) yang didukung oleh AAP (American Academic of Pediatrics), memberikan rekomendasi waktu tidur yang tepat untuk anak anda. Berikut adalah rekomendasi porsi tidur sesuai dengan tingkatan usia.

  1. 4-12 bulan: 12-16 jam (termasuk tidur siang)
  2. 1-2 tahun: 11-14 jam (termasuk tidur siang)
  3. 3-5 tahun: 10-13 jam (termasuk tidur siang)
  4. 6-12 tahun: 9-12 jam
  5. 13-18 tahun: 8-10 jam


Saat porsi tidur tersebut tidak terpenuhi tentu bisa menyebabkan berbagai gangguan terhadap anak anda, sebagai solusinya kami menyajikan beberapa tips agar anak anda bisa tidur dengan mudah.

Buat jadwal harian untuk anak anda

Buat jadwal harian untuk anak anda, beri tahu tentang jadwal hariannya lalu didiklah dia untuk disiplin menjalani kehidupan sehari-hari sesuai jadwal yang telah ditetapkan tersebut. Dalam jadwal harian tersebut tentu terdapat jadwal tidur setiap pukul 9 malam misalnya, lalu biasakan anak untuk disiplin terhadap jadwal itu dan tidur setiap jam 9 malam. Jika anak sudah memiliki kebiasaan untuk tidur jam 9 malam InsyaAllah dia akan meminta sendiri tidur setiap jam 9.

Menyiapkan kegiatan spesial yang mengasyikkan sebelum tidur

Agar tidur menjadi suatu yang spesial bagi anak, anda bisa menyiapkan berbagai kegiatan spesial menjelang tidur. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan adalah mengambil wudhu, membacakan buku, mendongeng untuk anak, membaca atau menghafal surah-surah pendek, dan juga membaca do'a sebelum tidur. Jika hal ini dibiasakn maka tidur bagi anak menjadi sesuatu yang spesial dan tidak membosankan.

Menghindari anak agar tidak bermain yang membutuhkan gerak serta stimulasi tubuh yang berlebihan

Agar anak lebih mudah tidur hindari anak agar tidak bermain yang membutuhkan gerak secara berlebihan atau bercanda berlebihan, sebab hal ini bisa menjadikan anak kesulitan tidur.

Menghindari anak menonton tontonan yang menakutkan

Satu hal yang bisa menyebabkan anak sulit tidur adalah menonton tayangan menakutkan seperti film horror, pembunuhan serta penganiaayan. Jika anda suka menonton tayangan ini, jangan biarkan anak untuk ikut menonton.

Memberikan hadiah saat anak tidur sesuai jadwal yang ditetapkan dan memberi hukuman saat tidak tidur tepat waktu

Anda bisa membantu anak agar tidur tepat waktu dengan sistem reward dan punishment, memberikan hadiah saat anak bisa tidur di awal waktu dan memberikan hukuman saat anak tidak menepati jadwal yang ditetapkan. Hadiah yang diberikan bisa berupa mainan, makanan atau hanya berupa pujian disertai pelukan.

Jika anak terbangun di malam hari ajaklah untuk tidur kembali

Jika anak anda terbangun di malam hari maka ajaklah anak anda secara baik-baik agar ia kembali tidur. Jika anak anda tidak mau tidur lagi, cobalah sampaikan baik-baik kalau masih malam dan waktunya untuk tidur.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak disarankan sudah tertidur pulas ketika jam 9 malam. Karena sekreasi hormon melatonin dimulai jam 9 malam. Hormon ini berpengaruh pada siklus tidur anak dan siklus reproduksi kelak. Semoga beberapa tips diatas bisa membantu anda yang memiliki masalah anak sulit tidur.

Anda Ingin Meng aqiqahkan Putra Dan Putri Anda?
Hubungi Tenaga Profesional Kami Dapur Aqiqah Di Daerah Bekasi Untuk Mendaptkan Info Harga dan info lainnya di:
Telp. 085780267758, 081296581239
WhatsApp.085780267758

http://dapur-aqiqah.com/apa-hukum-akikah-ketika-sudah-dewasa-2/