Bagi seorang wanita, mengandung adalah hal yang paling ditunggu setelah menikah. Ketika mengandung wanita menjadi lebih sensitif, mudah khawatir, cemas dan menjadi lebih waspada. Hal ini adalah wajar mengingat proses mengandung adalah awal lahirnya manusia ke muka bumi dan tentu saja segala harapan yang baik ada didalamnya. Banyak cara yang bisa dilakukan para calon ibu untuk mengurangi rasa cemas selama mengandung salah satunya adalah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara beribadah dan membaca kitab suci Al-Qur’an.
Ada beberapa surah dalam Al-Qur’an yang memang ditujukan untuk seorang ibu agar mendapatkan bayi yang sehat secara jasmani maupun rohani. Berikut ini adalah beberapa surah dalam Al-Qur’an yang jika dibaca dan diamalkan Insha Allah akan mendapat kebaikan dan pertolongan Allah selama mengandung sampai mendidik anak agar menjadi generasi yang sholeh dan sholehah.

1. Surah Al Fatihah

Al Fatihah adalah surah yang diturunkan di Mekkah terdiri dari 7 ayat. Surah ini jika diamalkan oleh seorang ibu yang sedang mengandung maka ia memiliki keutamaan sebagai penerang hati dan daya ingat yang kuat bagi bayi yang sedang dikandung. Dalam surah Al Fatihah terdapat ayat yang artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan” (Al fatihah ayat ke 5). Pada ayat ini jelas bahwa hanya Allah lah tempat meminta pertolongan, maka jika seorang ibu ingin anaknya senantiasa ditolong oleh Allah, disarankan untuk mengamalkan surah Al Fatihah selama mengandung.

2. Surah Luqman

Surah Luqman adalah surah ke 31 yang tergolong pada surah Makkiyah terdiri dari 34 ayat yang bercerita tentang bagaimana luqman mendidik anaknya. Pada surah ini digambarkan dengan jelas bahwa mendidik anak adalah tanggung jawab orang tua sebagai mana yang terdapat pada salah satu ayat tersebut yang artinya “Wahai putraku, sesungguhnya sekalipun terdapat (kebaikan) seberat biji sawi yang berada di dalam batu atau di langit atau di bumi, Allah akan menghadirkannya. sesungguhnya Allah Maha Teliti, Maha Memahami. wahai putraku, dirikanlah shalat dan tekunilah kebaikan dan hindarilah kejahatan serta bersabarlah (tenang) terhadap yang menimpa dirimu, sesungguhnya yang demikian termasuk hal-hal yang diharuskan. dan jangan memalingkan wajahmu terhadap manusia dan jangan berlaku sembarangan di bumi. sungguh, Allah tidak menyukai setiap orang yang congkak, berkeras diri. dan berjalanlah secara berhati-hati dan rendahkan suaramu. sesungguhnya suara paling kasar adalah suara keledai. (Ayat:12-19). Maka penting bagi para ibu untuk membaca surah ini, insha Allah bayi yang akan lahir kelak memiliki akal dan jiwa yang cerdik pandai.

3. Surah Al Hujurat

Surah Al Hujurat terdiri dari 18 ayat dan merupakan surah ke 49 dalam Al-Qur’an. Surah ini tergolong dalam surah Madaniya maksudnya diturunkan di Madinah. Keutamaan surah ini adalah jika diamalkan oleh ibu yang sedang mengandung, Insha Allah akan lahir bayi yang memiliki sifat berhati-hati dan tidak ceroboh. Selain itu dapat juga menambah air susu ibu. Karena setelah mengandung hal kedua yang diinginkan oleh seorang ibu adalah dapat memberi ASI sebagai makanan terbaik bagi bayi.

4. Surah An Nahl

Surah An Nahl artinya lebah. Sebagaimana hidup lebah yang sangat disiplin mulai dari membuat sarang atau tebuan hingga mencari makan bersama-sama hingga menghasilkan madu yang berguna bagi kesehatan manusia. Belajar dari tata cara hidup lebah yang disiplin maka tidak salah jika surah ini dijadikan amalan ketika mengandung agar anak yang dilahirkan kelak memiliki jiwa disiplin dalam melakukan kebaikan dan berguna bagi orang lain.

5. Surah At Taubah

Seorang ibu yang membacakan surah At Taubah ketika mengandung Insha Allah akan dikaruniai anak yang dapat memelihara diri dari maksiat. Sesuai dengan arti dari At Taubah yaitu pengampunan. Maksudnya adalah sebagai seorang manusia hendaknya sadar bahwa segala kesalahan yang terjadi dalam hidup adalah karena ulah manusia itu sendiri dan Allah selalu membuka pintu pengampunan bagi mereka yang mau bertaubat.

6. Surah Maryam

Dilihat dari kisah Maryam yang mengandung anak tanpa memiliki suami dan tidak pernah melalukan hubungan suami istri tentu tidaklah mudah menjalaninya. Ketika itu Maryam yang mengasingkan diri karena dicerca oleh masyarakat memilih untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah. Maryam meminta agar ketika bersalin ia memperoleh kemudahan dan melahirkan anak yang soleh jika ia laki-laki dan sholehah jika ia perempuan. Dengan izin Allah maka lahirnya Isa yang menjadi nabi dan rasul. Kisah ini dapat meninspirasi kita bahwa jika ingin memperoleh kemudahan saat melahirkan dan mendapat anak yang sholeh hendaknya membaca surah Maryam pada masa kehamilan.

7. Surah Yusuf

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Nabi Yusuf adalah nabi yang paling elok paras rupanya. Nabi Yusuf sampai dicelakai oleh kakak-kakaknya karena merasa iri dengan ketampanan dan kecerdasan yang diperolehnya dengan izin Allah. Ketika seorang ibu mengandung tentu menginginkan semua yang baik bagi bayinya termasuk paras yang cantik atau tampan. Allah memilih surah Yusuf untuk diamalkan oleh calon ibu agar mendapat anak yang sesuai dengan keinginannya.

8. Surah Yasin

Jika seorang ibu menginginkan anaknya memiliki ketenangan hati dan jauh dari godaan setan, maka baik kiranya sering-sering membaca surah Yasin ketika dalam masa mengandung. Surah Yasin memiliki berbagai keutamaan yang salah satunya adalah menjauhkan seseorang dari godaan setan. Selain itu surah Yasin juga banyak diamalkan untuk kehidupan sehari-hari misalnya, ketika masuk rumah baru, shotal hajat dan sebagai bacaan selepas sholat.
Sumber Berita : http://www.dwina.net/2016/01/delapan-surah-al-quran-yang-wajibAnda Ingin Meng aqiqahkan Putra Dan Putri Anda?
Hubungi Tenaga Profesional Kami Dapur Aqiqah Untuk Mendapatkan Info Harga dan info lainnya di:
Telp. 085780267758, 081296581239
WhatsApp.085780267758 LINE.085780267758

Link :http://dapur-aqiqah.com/jumlah-hewan-aqiqah-2/