Pengertian Aqiqah

aqiqah di daerah bekasi

PENGERTIAN AQIQAH DI DAERAH BEKASI UTARA

Menurut bahasa ‘Aqiqah artinya : memotong. Asalnya dinamakan ‘Aqiqah, lantaran dipotongnya leher binatang dgn penyembelihan itu. Ada yang memaparkan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karna lehernya dipotong Ada pula yang memaparkan bahwa ‘aqiqah tersebut asalnya adalah : Rambut yg terdapat pada kepala si bayi saat ia keluar dari rahim ibu, rambut ini disebut ‘aqiqah, karna ia mesti dicukur

Dalil Dalil Pelaksanaan Aqiqah Di Daerah Bekasi Utara

Hukum Aqiqah Anak ialah sunnah (muakkad) sesuai komentar Imam Malik, penduduk Madinah, Imam Syafi′i serta sahabat-sahabatnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur serta kebanyakan ulama ahli fiqih (fuqaha).Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafii & Hambali dengan mengatakannya sebagai sesuatu yg sunnah muakkadah merupakan hadist Nabi SAW. Yang berbunyi, “Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)”. (HR al-Tirmidzi, Hasan Shahih)

Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Al-hasan, dari samurah bahwa Rasulallah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda: “Setiap anak (yang lahir) Tergadai (terikat) dengan aqiqahnya. Maka Disembelih (hewan) untuknya pada Hari ketujuh (dari kelahirannya), dicukur (rambutnya) dan Diberi Nama.” Lalu Bagaimana Jika Sudah Lewat Dari 7 Hari?? Rosulullooh SAW Beliau Berkata “Hewan Aqiqah itu di sembelih pada hari ke 7, Ke 14, dan ke 21” (Hadis Hasan Riwayat Al Baihaqiy)

Namun setelah tiga minggu masih tak mampu maka kapan saja pelaksanaannya di kala sudah mampu, karna pelaksanaan pada hari-hari ke tujuh, ke empat belas serta ke dua puluh satu adalah sifatnya sunnah & paling utama bukan wajib. Serta boleh juga melaksanakannya sebelum hari ke tujuh.Bayi yang meninggal dunia sebelum hari ketujuh disunnahkan juga utk disembelihkan aqiqahnya, bahkan meskipun bayi yang keguguran dengan syarat telah berusia empat bulan di dalam kandungan ibunya, Karna prinsip ajaran Islam merupakan memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah SWT: “Allah menghendaki kemudahan bagimu & tdk menghendaki kesukaran bagimu”. (QS.Al Baqarah:185)

Jadi tunggu apa lagi!! Ayo ayah dan bunda segera hubungi “DAPUR AQIQAH” mari beraqiqah sesuai syar’i.
Telp. 085780267758, 081296581239
WhatsApp.085780267758 LINE.085780267758

Atau Kunjungi WEB Resmi Kami di
www.DAPUR-AQIQAH.com