Hukum Melaksanakan Aqiqah

Aqiqah merupakan prosesi penyembelihan kambing setelah hari ketujuh kelahiran bayi, tujuannya tidak lain adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia besar yang diterima, yakni seorang anak.

Agama Islam mensyariatkan penyembelihan aqiqah untuk bayi yang baru dilahirkan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: “Setiap anak yang baru lahir tergadai dengan aqiqahnya, (sampai) disembelihkan (aqiqah) itu untuknya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa’i, dan Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Al-Albany).

Para Ulama berbeda pendapat tentang hukum pelaksanaan Aqiqah. Beberapa ulama seperti Abu Zinad, Al Laits, Adz Dzohiriyah, Imam Ahmad dalam salah satu riwayatnya menyatakan aqiqah hukumnya wajib. Abu Hanifah dan Ashab Ar Ro’y menyatakan aqiqah bukan hal yang disunnahkan. Adapun pendapat yang paling kuat, Aqiqah hukumnya Sunnah Muakkadah (sunnah yang ditekankan pelaksanaannya). Berdasar hadits-hadits Nabi berikut,

كُلُّ غُلَامٍ رَهِينٌ بِعَقِيقَتِهِ
“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya”
[HR. Ashab Assunan dari shahabat Samurah bin Jundub, dishahihkan oleh Syekh Al Albany

aqiqah di Bekasi

مَنْ أَحَبَّ مِنْكُمْ أَنْ يَنْسُكَ عَنْ وَلَدِهِ فَلْيَفْعَلْ
“Siapa di antara kalian yang ingin menyembelih untuk anaknya, hendaknya ia kerjakan”
[HR. Ahmad, Abu Dawud dan lainnya]

Hukum pelaksanaan aqiqah sendiri merupakan sunnah Muakkad atau sunah yang sangat dianjurkan, terutama bagi orang-orang yang mampu untuk melaksanakannya. Bahkan beberapa ulama besar berpendapat bahwa tidak jadi masalah jika harus berhutang untuk melaksanakan aqiqah selama ia memiliki keyakanan untuk dapat membayar hutang tersebut.
Berkata Al Imam Ahmad – rohimahulloh:
“Barangsiapa tidak memiliki uang untuk hal tersebut (aqiqah) kemudian dia berhutang maka aku berharap semoga Allah ta’ala membantu melunasinya karena dia telah menegakkan sunnah”.
Pelaksanaan aqiqah itu lebih utama daripada bershadaqah dengan uang seharga kambing aqiqah, karena pada aqiqah terdapat padanya pahala shadaqah dan wujud rasa syukur dan penebusan (karena bayi yang baru lahir ibarat sesuatu yang tergadaikan yang ditebus dengan aqiqah sebagiamana yang telah lalu penjelasannya)

Pelaksanaan aqiqah memang terdengar merepotkan, namun tidak selalu demikian, Anda pun dapat melaksanakan aqiqah tanpa repot-trepot, membeli, menyembelih dan mengolah daging kambing sendiri, karena saat ini telah hadir jasa aqiqah di Bekasi yang siap untuk melayani pemesanan paket aqiqah untuk Anda. berbagai paket dan pilihan harga yang disediakan pun sangat variatif. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih dan menyesuaiakan pilihan paket dan harga aqiqah yang sesuai dengan kebutuhan atau anggaran yang dimiliki.

Paket Aqiqah di bekasiAqiqah di Bekasi
Telp. 085780267758, 081296581239
WhatsApp.085780267758 LINE.085780267758

http://dapur-aqiqah.com/project/produk-kami/